Selasa, 15 Juli 2008

Puisi I Gusti Putu Antara

MAKAM-MAKAM
Karya : I Gusti Putu Antara

makam-makam tertanam penuh makna
syuhada telah mengisimu dalam ribaan pertiwi
penuh suci dengan mendambakan pahala kemerdekaan sempurna
bakti diri
menyirat makna yang perlu kajian rasa

makam-makam tertanam tanpa nama
makam terhampar punya nama
yang tanpa kau sadari semua pahala akan berlari
ke ribaanmu demi perjuangan membela negeri
tapi akan mampukah aku
bila generasiku tanpa rasa ?

engkau tiada sadar diri terkapar penuh memar
badan terbungkus darah merah dengan senjata berujung runcing

merah putih terikat mengunjung
dan itulah engkau : pahlawanku !

kini aku datang melayang merenungi tanpa ragu
menaking rasa asih dalam benak sanubariku
aku datang meneropong tekad jiwaa mudamu dulu

kusuluhkan pada diriku
kudambakan demi nusaku
tapi mungkinkah
aku mampu memacu dirilu meneruskan rekad sucimu
penuh bakti ?


kini aku bangga, biar !
kini aku muda, memang sungguh !
kudatang membawa logika pada makam-makam tertanam
dan kini aku berseru tenpa ragu
“kemerdekaan ini harus abadi !”

Tidak ada komentar: